Explore Universal Studio Singapore (USS)

by - 6:06 AM



Last January, aku sempet menghabiskan waktu liburan aku untuk explore Singapore dan tentunya kalo jalan-jalan ke Singapore gak lengkap tanpa ke theme park yang satu ini, yaitu Universal Studio Singapore (USS). 

How to get there
USS ini terletak di Sentosa Island, aku mencoba dengan naik MRT. Caranya adalah turun di stasiun Harbourfront (Mall Vivocity) dan naik monorail. Stasiun monorail tersebut berada di lantai 3 Mall Vivocity. Nah, setelah itu karena aku pakai tourist day pass, jadi harus beli lagi tiket untuk naik monorail dengan harga 4 dollar  (sudah termasuk tiket masuk Sentosa Island). Tapi, untuk pengguna Ez link card tidak harus beli tiket lagi kok, tinggal tap aja asalkan saldo di kartu masih mencukupi. Kemudian setelah naik monorail, turun di stasiun pertama yaitu stasiun Waterfront. Setelah itu, tinggal jalan deh ke Universal Studio.



Pic source: google

Kalo kamu lagi irit dan mau menghemat budget, bisa kok dengan menggunakan sentosa broadwalk, yaitu travellator menuju Sentosa Island dengan hanya membayar 1 dollar. Caranya adalah dengan ke lantai 1 Vivocity, dari situ ikutin aja petunjuk menuju Sentosa Broadwalk


Sentosa Broadwalk Travellator, Pic Source: google

Ticket Price
Harga tiket masuk dari USS itu sendiri terbilang cukup mahal, yaitu 67 dollar (tidak termasuk peak season). Tapi, kalo kamu mau cari yang murah, aku saranin untuk beli di Anaya Tour (shop.wisatasingapura.web.id) jadi kamu tinggal email untuk pemesanan tiket dengan bahasa indonesia, lalu pesan, dan bayar dengan rupiah. Aku cukup puas sih beli tiket disana, ternyata sesuai review orang-orang, which is pelayanannya memuaskan dan harganya cukup murah. Kalo kamu email saat operational hour, mbaknya cukup fast respon dan bener-bener dijelasin secara detail. Nah, setelah selesai kamu akan mendapatkan invoice dan datang langsung ke kantornya di ChinaTown untuk ditukarkan dengan tiket fisik. Tapi, kalo kamu merasa ribet, tiket fisiknya bisa diantar ke hotel/hostel dengan tambahan ongkos kirim. Harga tiket USS di Anaya Tour sekitar 60 dollar dan kalo kamu beli paket-paket attraction lain akan jauh lebih murah. 

Attraction
Jadi di USS ini terdapat 7 wilayah dengan tema yang berbeda-beda, diantaranya ada tema Hollywood Zone, dimana bisa liat karakter-karakter Sesame Street dan Minion. Sci-fi City yang bertema ala-ala Transformer dan ada Roller Coaster yang wajib untuk dicoba! Wilayah lainnya ada The Lost World, Madagascar, Far-far Away yang bertema Shrek, dan Ancient Egypt. Tips dari aku yaitu coba naik wahana setelah jam 2, karena berdasarkan pengalaman, setelah jam 2 siang wahana jadi sepi dan antrian jadi cuma sedikit banget. Contohnya aku naik Roller Coaster jam 11 siang, antriannya sampai 2 jam, tapi setelah jam 2 siang antriannya jadi cuma 5 menit :").



1. Hollywood Zone
Di wilayah ini jalan-jalan disekitar dibuat ala-ala New York Street. Salah satu wahana disini yaitu Spaghetti Space Chase bertema karakter-karakter Sesame Street. Sayangnya, aku gak sempet untuk mencoba wahana ini karena kondisi badan yang lagi sakit :( (so sad). Tapi, berdasarkan review, wahana ini gak ekstrem karena diperuntukkan untuk anak-anak.










2. Sci-Fi City
Wilayah ini termasuk favorit aku! pertama, ada wahana Transformer The Ride yang wajib anget untuk dicoba!!! jadi wahana ini merupakan semacam 4D tapi kita naik semacam mobil dan sumpah gak bohong keren pake banget :")!!! I give 5/5 for this awesome ride. 
Wahana lain yang patut banget untuk dicoba adalah Human vs Cylon, yaitu Roller Coaster dengan 2 lintasan, untuk Cylon (lintasan biru), kaki kamu akan mengantung, gak kayak Human (lintasan merah). Tapi, wahana ini bener-bener memacu adrenalin karena bener-bener parah sih, yang Human aja udah bikin teriak-teriak, karena baru mulai aja udah langsung speed up sampai akhir :"). Definitely 5/5!








3. Ancient Egypt
Wajib banget untuk mencoba wahana Revenge of The Mummy, yaitu semacam roller coaster didalam gelap, jadi kamu gak akan tau lintasannya, seperti tiba-tiba berhenti dan keretanya mundur ke belakang :") 4.5/5 for this ride.





4. Far Far Away
Shrek! Disini ada wahana 4D Shrek yang juga masuk ke rekomendasi aku. Hati-hati karena kalian akan kena bersinnya Donkey :p 4/5 for thisss ride.







Unfortunately, kondisi badan aku lagi bener-bener drop saat liburan kemarin jadi gak bisa mencoba semua wahana T_T tapi wahana-wahan yang aku rekomendasikan tadi termasuk ke dalam Top Ridesnya para blogger. Jadi, jangan lupa untuk mencoba saat di USS nanti, ya!

Food
Untuk para muslim gak usah khawatir karena di beberapa wilayah USS tersedia restoran-restoran yang halal. Diantaranya Mel's Drive di Hollywod Zone, Friar's di Far Far Away, Oasis Spice Cafe di Ancient Egypt, dan Marty's Casa di Madagascar. Harga dari makanan-makanan di USS cukup mahal, jadi siapin sekitar 10 dollar ke atas ya untuk makanan besar. 

Another Tips
Beberapa wahana di USS mewajibkan kita untuk menyimpan tas dan barang-barang lain di loker yang sudah tersedia, seperti saat akan naik Batllestar Galactica, Revenge of The Mummy, dan beberapa wahana lain. Jadi, saat kita akan naik wahana-wahana tertentu akan ada pemeriksaan yang bahkan kita tidak boleh membawa dompet atau hp di kantong celana, jadi benar-benar harus ditsimpan di loker. Loker-loker tersebut berada dekat gate masuk wahana. Nah, sayangnya loker ini cuma gratis selama 30-45 menit pertaam dan berbeda waktu gratisnya untuk tiap wahana. Selebihnya, akan dikenakan biaya kalo gak salah sekitar 3 dollar perjamnya. So, make sure kamu bawa uang lebih di kantong in case waktunya lebih sehingga harus bayar. Cara penggunaan loker ini cukup gampang, karena tersedia bahasa indonesia dan pinnya cuma dengan menggunakan tanggal lahir dan warna favorit. Pastikan uang yang kamu bawa adalah uang pas, karena loker tersebut tidak akan menyediakan change atau uang kembalian (uang kertas ataupun koin bisa untuk loker ini).

Loker yang disediakan di USS, Pic Source: Google

See u on my next post
XoXo












You May Also Like

0 comments