Explore Singapore 2016 [on a budget]

by - 9:55 AM


Jalan-jalan ke Singapore dengan budget yang terbatas mungkin dirasa beberapa orang cukup sulit. Harga transportasi, penginapan, dan beberapa tempat wisata cukup memakan biaya yang banyak. Apalagi, ditambah kurs Singapore Dollar (SGD) yang tiap tahun terus-menerus naik. Tapi, bukan enggak mungkin kalo kita enggak bisa keliling Singapore dengan budget yang terbatas. Sempet pusing juga sih kemarin saat membuat travel itinerary untuk explore ke banyak tempat di Singapore tapi enggak mau mengeluarkan uang banyak. Setelah mencoba baca blog orang-orang, akhirnya aku bisa menemukan beberapa tips untuk tetap bisa jalan-jalan ke banyak tempat tapi enggak mengeluarkan biaya yang cukup banyak. So, here they are:

1. Pesawat
Nah, untuk tiket pesawat gak sulit kok menemukan yang murah. Bahkan, aku bisa dapet tiket peswat dari jakarta ke Singapore hanya dengan 249.000 (sudah termasuk airport tax). Berikut adalah beberapa maskapai penerbangan yang low fare: www.airasia.com, www.jetstar.com, www.tigerair.com. Tipsnya adalah cari tiket pesawat maksimal 2 minggu sebelum keberangkatan, karena biasanya ada beberapa maskapai penerbangan yang memberikan promo. Aku sendiri mendapatkan tiket yang sangat murah dari maskapai Airasia. Tapi, perlu diingat kalo harga tiket tersebut belum termasuk makan di pesawat dan bagasi tambahan.

2. Penginapan
Harga hotel di Singapore terbilang cukup mahal. Tapi, tenang aja karena di Singapore sendiri banyak tersedia backpacker hostel yang murah untuk para traveler. Hostel tersebut banyak variasinya, ada yang konsepnya seperti dormitory, ada juga yang private room. Untuk yang dormitory, juga ada yang female only dan mix dengan jumlah orang dalam satu kamar yang juga bervariasi. Enggak cuma murah, tapi fasilitasnya juga terbilang lengkap, mulai dari wifi, locker sendiri (untuk dorm), dan free breakfast, asalkan kalian bisa menemukan hostel yang sesuai dengan keinginan dijamin enggak akan menyesal. Caranya adalah sebelum memesan hostel pastikan cari review dari berbagai blog, maupun dari situs pemesanan tiket dan hotel seperti traveloka, agoda, dan semacamnya, serta jangan lupa cek reviewnya di www.tripadvisor.com. 
Aku sendiri booking hostel melalui www.traveloka.com, cara bayarnya cukup simpel yaitu hanya melalui transfer antarbank dan menggunakan rupiah (tidak dengan Singapore dollar). Setelah bayar, nanti akan diberikan semacam invoice melalui email untuk check in di hostel. Tapi, saat aku check in di hostel tersebut hanya cukup diperlihatkan passport saja.
Hostel tempat aku singgah kemarin yaitu Shophouse The Social Hostel yang terletak di Arab Street dekat dengan Masjid Sultan dan Bugis MRT Station. For the review nya hostelnya cukup sesuai dengan harganya, yaitu sekitar 200K+/night dengan fasilitas wifi yang cukup kencang, AC, dan free breakfast. Overall, aku cukup puas sih karena sesuai dengan review orang-orang, kamar mandinya bersih, sprei yang diganti setiap hari, kamar yang cukup bersih, breakfast dengan pilihan makanan yang bervariasi, seperti cereal, roti, kopi, teh, dan susu. Sayangnya, kamarku saat itu AC nya tidak terlalu dingin, jadi banyak bule yang kepanasan :(. Oh iya satu lagi, staffnya cukup friendly dan ada yang bisa berbahasa melayu. 










Pic Source: traveloka.com - tapi gambar dan suasana hostel sama persis



Check Out photo of me and my bro; pic source: Shophouse The Social Hostel Facebook Page

3. Transportasi
Jika traveling dengan budget terbatas, diusahakan jangan menggunakan taxi. Coba gunakan MRT ataupun Bus di Singapore, karena harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan taxi. Kalo kamu enggak mau ribet, bisa menggunakan Singapore tourist pass, tersedia 1-day pass hingga 3-day pass. Nah saldo kartu pass ini bersifat unlimited, hanya dibatasi hari saja, ada yang hanya bisa digunakan selama 1, 2, dan 3 hari. Kartu pass ini bisa digunakan untuk membayar transportasi Bus dan MRT, tapi tidak bisa digunakan untuk naik Monorail di Sentosa Island. 
Harga Singapore Tourist Pass (STP) antara lain 10 SGD untuk 1 hari, 16 SGD untuk 2 hari, dan 20 SGD untuk 3 hari. Saat membeli kartu ini kita harus membayar tambahan biaya 10 SGD sebagai deposit yang nantinya akan dikembalikan saat mengembalikan kartu tersebut. Pembelian kartu pass ini bisa dilakukan di beberapa tempat salah satunya di stasiun MRT Changi Airport. Untuk tempat pembelian lainnya bisa di cek melalui website www.thesingaporetouristpass.com.sg



Source: wisatasingapura.web.id

4. Tempat Wisata
Harga beberapa tiket masuk wisata di Singapore terbilang cukup mahal. Tapi, kalo kamu mau dengan harga yang lebih murah, aku merekomendasikan untuk membeli di Travel Agent di Indonesia, karena harganya cukup lebih murah dibandingkan dengan membeli on the spot di tempat tersebut. Salah satunya dapat dibeli secara online melalui website www.shop.wisatasingapura.web.id

Berikut ini beberapa tempat yang aku kunjungi di Singapore kemarin:


Merlion Park 



Haji Lane



Garden by The Bay; Cloud Forest & Flower Dome




Universal Studio Singapore



Sentosa Island



Arab Street - Masjid Sultan



See you on my next post! semoga bermanfaat. Happy traveling 
XoXo

You May Also Like

1 comments